Sebenernya sih aq bingung juga kalo mau ngasih tips ini karena kupikir tulisanku masih sangat sederhana dan aku masih merasa biasa aja, standar lah pokoke hehe..

tapi karena beberapa temen minta share pengalamanku menulis sih oke lah..tapi harus diinget juga ya aq juga masih dalam proses belajar hehe..jadi ya kamu bisa aja cari referensi lain dan juga aku hanya berpengalaman nulis tentang artikel lingkungan, kalo dari pengalamanku sih ada beberapa hal yang penting buat nulis artikel, ni urutannya..

  1. Judul, judul penting dalam sebuah artikel untuk memilih judul yang dapat menarik pembaca sehingga pembaca tertarik membaca artikel kita. buat yang semenarik mungkin. jadi disini tinggal pinter2 kreatifitas kita aja sih.
  2. Aktual dan faktual, biasanya aq nulis artikel yang sedang “in” di kalsel kaya misalnya jalan tambang atau perkebunan sawit.
  3. Sistematika tulisan dan gaya penulisan, sebenarnya artikel sih “bentuk lain” dari makalah, namun lebih dipadatkan dan tidak terlalu rinci dalam penjabaran masalah hanya yang point penting saja yang ditulis dan ini dari sudut pandang si penulis tentunya. yah biasa ada 3 bagian kan pendahuluan, isi dan terkahir kesimpulan, saran atau rekomendasi..hmmm..bagusnya sih saran dan rekomendasi..hehe..dan jangan lupa juga kalo mau nulis artikel dikoran harusnya nyesuain sama pembaca jangan terlalu akademis yang sulit dipahami publik, buat yang sederhana, simpel dan mudah dipahami semua kalangan, jadi sekalipun dia misalnya tukang becak pun..bisa pahak apa yang igin kamu sampaikan dalam tulisan kamu..”down to earth” lah istilahnya haha..
  4. Bahan penguat fakta penting juga buat kamu nambahin tulisan kamu tuh dengan fakta-fakta yang ada dilapangan jadi bukan hanya sekedar wacana saja tapi tulisan kamu berdasarkan apa yang terjadi dilapangan dan juga perlu masukan pernyataan-pernyataan orang yang bisa mendukung fakta tentang tulisan kamu.contohnya liad tulisanku aja hehe..

segitu dulu pengalaman yang ku punya sampai saat ini dan ini masih dalam tahap belajar juga dan maap kalo ada yang salah hehe..dan yang penting juga dalam menulis artikel dari beberapa referensi yang kubaca jangan pernah bosan dan segera menulis mulai sekarang.