Perbedaan itu indah, itulah sebuah slogan atau jargon yang pernah diperkenalkan oleh salah satu pendakwah terkenal di negeri kita (kalo ga salah ya hehe….). Bener ga sih perbedaan itu memang indah?hehe.. kalo menurut ku sih iya, namun entah bagi banyak orang lain.

Dalam dunia ini selalu hampir dapat dipastikan bahwa ada dua sisi yang berbeda dalam setiap hal seperti adanya siang dan malam, hitam dan putih, tua dan muda, benar dan salah, pro dan kontra dan lain sebagainya. Ada hal yang aneh ketika kita tidak tidak bisa memaknai sebuah perbedaan dalam hidup kita, karena ya bagiku hidup itu penuh warna dan tentunya perbedaan adalah salah satu unsur didalamnya yang membuat perbedaan itu menjadi sebuah bagian yang harus ada dalam setiap sisi kehidupan kita.

Dalam tiap hal dalam hidup kita pasti kita akan menemui adanya sebuah perbedaan. “Berbeda bukanlah suatu kesalahan karena berbeda juga suatu keindahan tersendiri”, sebuah makna yang begitu dalam. Mengajarkan kita akan sebuah perbedaan,Perbedaan yang bukan untuk kita sesali,perbedaan yang bukan untuk kita perdebatkan,perbedaan yang bukan untuk jadikan kita saling membenci dan menghina.

Perbedaan sebuah kata yang simple namun sarat makna dan dapat diartikan oleh banyak orang dengan persepsi berbeda-beda tergantung bagaimana seseorang itu memandang sebuah perbedaan itu sendiri.

Nampaknya kita perlu menyadari bahwa setiap manusia pasti berbeda baik dengan ribuan alasan dan pendapat yang dimilikinya meski hidup dalam kondisi alam yang sama. Termasuk dalam isi kepala kita pun begitu banyak pikiran campur aduk menjadi satu tanpa harus merasa berdesakan satu sama lain.

Masing-masing pikiran mengisi ruang-ruangnya yang ada dalam otak kepala kita. Itulah sebabnya setiap orang mempunyai dunia dan keunikannya masing- masing. Mungkin saja menurut seseorang yang kurang waras kitalah yang dianggap sebagai tidak waras, menurut teman saudara istri atau suami bahkan bawahan kita sekalipun kitalah yang kadang dianggap tidak mengerti dengan pemahamannya. Mulailah kita mencoba untuk belajar memahami, menerima dan menghargai segala bentuk perbedaan.

Namun,perbedaan yang ada bialah sebagai sebuah berkah dan anugerah dalam keindahan,memberi kita sebuah warna dalam hamparan kehidupan. Bersemi dalam sebuah kedamaian,mekar diantara rasa saling menghargai diantara perbedaan kita semua.

Berbeda itu bukan sikap yang mesti dihindari. Sebab kita tak mungkin bisa menghindarkan diri dari perbedaan. Perbedaan adalah suatu kondisi yang tak harus diseragamkan. Perbedaan tercipta karena hidup adalah sebuah harmoni.

“Sesuatu perbedaan yang ada diantara kita adalah hal yang sesungguhnya bisa menyatukan kita”

Tegal Parang, 26 september 2009, 13.47 Wib.