Dalam sebuah hubungan apapun kita sering menemui suatu benda yang orang bilang komitmen, benda apaan sih itu hehe…

Apa sih sebenarnya arti kata komitmen?
Mungkin sebagian dari kita ada yang mengerti dan dapat menjelaskan dengan baik. Mungkin sebagian dari kita ada yang bingung dan belum jelas apa artinya. Atau mungkin juga sebagian dari kita tidak tahu apa arti kata komitmen.

Menurut Cambridge Advanced Learner’s Dictionary (kelaguan ya hahhaa..), Anda disebut berkomitmen “when you are willing to give your time and energy to something that you believe in, or a promise or firm decision to do something”,

Ya ketika Anda mau memberikan waktu dan energi untuk sesuatu yang kita yakini, atau sebuah janji, atau sebuah keputusan bulat untuk melakukan sesuatu. Semua orang mempunyai keterbatasan waktu dan energi, tetapi dengan komitmen yang baik, waktu dapat “dibuat” dan energi dapat “dikumpulkan”.

Kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (kamus andalan ni hehe,,), komitmen berarti perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu;

Hampir semua manusia mengikat diri dalam komitmen antar manusia sebagai bentuk kebutuhan yang mendasar. Komitmen jauh lebih dijunjung tinggi daripada sebuah janji. Ingkar janji untuk hal sepele saja sudah dianggap bersifat buruk, apalagi hilangnya komitmen. Komitmen merupakan kontemplasi rasa, pikiran, keinginan, kebutuhan dan harapan. Sesuatu yang besar untuk modal hidup, mulus atau kasar jalan yang ada bukanlah sebuah masalah. Wereng, tikus, ijon, tengkulak dan sebagainya bukanlah hambatan seorang petani menjadi petani, karena ia sudah berkomitmen menjadi seorang petani, atas dasar segala rasa, pikiran, kebutuhan dan keinginannya.

Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang membulatkan hati dan tekad demi mencapai sebuah tujuan, sekalipun ia belum dapat mengetahui hasil akhir dari tujuan tersebut. Berjerih payah dan berkorban demi menyelesaikan tujuannya, sekalipun semua orang meninggalkannya.

Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang rela meninggalkan segala sesuatu yang berharga demi memenuhi panggilan hidupnya, walau harga yang harus dibayar tidak sedikit dan medan yang ditempuh tidak ringan.

Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang memikul resiko dan konsekuensi dari keputusannya tanpa mengeluh, dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur sebagai bagian dari kehidupan yang terus berproses.

Komitmen adalah sesuatu yang membuat seseorang berani setia dan percaya, meski harapannya tidak kunjung terpenuhi dan tidak ada yang dapat dijadikan jaminan olehnya.

Komitmen adalah sesuatu yang melampaui segala bentuk perbedaan, perselisihan dan pertengkaran. Ia tidak dapat dihancurkan oleh kekurangan, kelemahan maupun keterbatasan lahiriah, karena ketika kita berani mengikatkan diri dalam sebuah komitmen, kita telah ‘mati’ terhadap kepentingan diri sendiri.

Belajar berkomitmen adalah sebuah sikap dan keharusan yang harus kita lalui dalam jalan kehidupan kita.

Semoga berguna dan bermanfaat. Maap kalo ga berkenan hehe…

“Harga Diri, Empati, Keterlibatan, Berbagi, dan Dukungan.”

Karang Tengah, 27 September 2009, 16.45 Wib.