Dalam beberapa hari ini aku mencermati apa yang terjadi disekitarku ada berbagai hal yang mungkin dapat kupelajari dari sebuah pilihan.

Banyak hal yang membuat hidup kita seakan berada dipersimpangan jalan ketika kita dihadapkan pada sebuah pilihan, ya sebuah pilihan dalam hidup yang terkadang pilihan itu membuat perubahan dalam hidup kita. Hidup adalah pilihan, banyak orang yang bilang begitu dan memang hidup adalah sebuah pilihan dan tinggal kita yang menentukan mau memilih yang mana.

Seperti 2 sisi yang berbeda, tidak searah, tidak sejalan, bertentangan, bertolak belakang, dan tiap-tiap pilihan masing-masing punya kekuatan dan kelemahannya dan tidak ada yang hanya memiliki segi positifnya saja tapi tentu saja sisi negatifnya juga akan muncul pada saatnya. semua konsekuensi dan resiko itu tentunya sudah kita pikirkan dengan matang dan jangan lah takut untuk mengambil sebuah keputusan dalam memilih karena apapun yang kamu pilih menurutku adalah yang terbaik menurut perspektif kita masing-masing walau mungkin banyak perspektif berbeda dari orang lain.

Dan kita harus berani untuk menghadapinya apapun konsekuensi kedepannya dari sebuah pilihan kita. Hidup seperti koin yang bersisi dua, setiap saat penuh dengan teka-teki dan misteri.

Namun sebagai orang bijak, pilihan harus diambil dengan ketulusan hati nurani…..DAN JANGAN MENYESAL !!!!! karena tidak ada orang yang sukses di muka bumi ini, tanpa pilihan-pilihan hidup yang salah. Sebuah kegagalan dan kesalahan pilihan dalam hidup kita adalah sesuatu yang wajar. Karena tidak ada pilihan yang salah atau pun benar dalam hidup ini, semua pilihan pasti ada hikmahnya.

Tentunya kita telah mengetahui bahwa setiap pilihan yang diambil membawa konsekuensi. Dengan mengetahui berbagai konsekuensi atas pilihan kita, maka tentunya paling tidak kita dapat memininimalkan kekurangoptimalan pilihan yang diambil.

Ada beberapa poin yang dapat kita ambil dan pikirkan untuk menerima konsekuensi yang kita ambil :
1. Tetap terus berusaha.
2. Tidak perlu depresi.
3. Bertanggung jawab atas diri sendiri.
4. Jangan membanding-bandingkan.
5. Jangan menyalahkan diri sendiri.
6. Dan yang penting jangan pernah mengeluh.
Dari beberapa hal diatas tentunya kita akan sadar bagaimana baik dan buruknya akan pilihan-pilihan yang akan kita jalani dalam hidup.

Seperti ada sebuah kata-kata bijak yang pernah aku baca namun lupa siapa nama yang mempopulerkan dia bilang begini “Sukses adalah rangkaian kebijaksanaan dalam hidup dan perbuatan. Dan Sukses adalah keberanian untuk memilih dan menjalankan pilihan tersebut”. Ya keberanian dalam membuat keputusan dari sebuah pilihan sebagai sarana pembelajaran dan pengalaman diri kita agar menjadi individu yang lebih bijak dan dewasa.

Hidup itu pasti akan punya tujuan, ke arah mana hidup itu menuju kita sendirilah yang menentukan. Tetapi ingatlah pula akan campur tangan Allah SWT. Maka kita akan menyadari bahwa berdoa dan berusaha adalah kombinasi yang tepat untuk suatu proses kehidupan. Hidup itu memang pilihan tetapi pilihan kita akan menentukan peluang yang akan kita raih nantinya.

Banjarbaru, 16 Oktober 2009, 01.07 Wita